Chatbox

Sunday, June 28, 2009

tes kraepelin

hey aku kembali!

kali ini gue akan bahas tentang suatu tes namanya TES KRAEPELIN. jadi awalnya temen gue ngasi tau kalo dia ikut tes kraepelin, trus temen gue ngasi tau itu tes apaan, tapi gue masih penasaran sama tes itu, soalnya dia ngasitaunya ga lengkap sih makanya gue browsing di internet. pasti udah banyak yg tau tentang tes kraepelin ini, cuma ya gue mau post aja supaya ada posting gue yg sedikit bermutu. kayaknya sih ya tes ini udah terkenal semenjak lama, cuma guenya aja yg ngga update berita "-___-



APA SIH TES KRAEPELIN?

Tes ini berupa kolom-kolom angka yg sangat banyak, bahkan ada yg selebar koran. Biasanya disuruh menjumlahkan angka diatas/dibawahnya dan menulis hasilnya di antara angka tersebut.Angkanya antara 0-9 dan bila hasilnya > 9 hanya ditulis digit belakang aja.

Nanti dalam beberapa detik disuruh pindah kolom..penjumlahan sederhana tetapi sangat banyak :D dan harus cepat. Nanti dapat ditarik garis di titik teratas sehingga membentuk kurva. Soal cara analisanya saya kurang tahu, sepertinya untuk melihat konsistensi, konsentrasi dan kemampuan bertahan dalam tekanan.

contoh:

5
->2
7
->9
2
->0
8
->7
9

yang kiri yg d tambahkan, yg menjorok ke kanan hasilnya.Sebagai contoh, penjumlahan dr bawah.

contoh (diambil dari soal diatas):
9 + 8 = 17 tulis 7
8 + 2 = 10 -> 0
2 + 7 = 9
dst..


SIAPA SIH PENEMUNYA?

penemunya adalah Emil Kraepelin. beliau dilahirkan pada tanggal 15 Februari 1856 di Neustrelitz dan wafat pada tanggal 7 Oktober 1926 di Munich. Emil Kraepelin adalah psikiatris yang mempelajari gambaran dan klasifikasi penyakit-penyakit kejiwaan, yang akhirnya menjadi dasar penggolongan penyakit-penyakit kejiwaan yang disebut sebagai Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), diterbitkan oleh American Psychiatric Association (APA).

Kraepelin menjadi terkenal terutama karena penggolongannya mengenai penyakit kejiwaan yang disebut psikosis. Ia membagi psikosis dalam dua golongan utama yaitu dimentia praecox dan psikosis manic-depresif. Dimentia praecox merupakan gejala awal dari penyakit kejiwaan yang disebut schizophrenia.

Kraepelin juga dikenal sebagai tokoh yang pertama kali menggunakan metode psikologi pada pemeriksaan psikiatri, antara lain menggunakan test psikologi untuk mengetahui adanya kelainan-kelainan kejiwaan. Salah satu test yang diciptakannya di kenal dengan nama test Kraepelin. Test tersebut banyak digunakan oleh para sarjana psikologi di Indonesia pada era tahun 1980an.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

tuhkan kan ternyata udah lama, berarti gue aja yg ngga update berita. waktu itu sih kakak gue pernah ngasi soal kayak gini. kalo ga salah sih ya waktu kelas 5 atau 6 SD. waktu itu kakak gue cuma bilang supaya gue bisa lebih konsentrasi pas ngerjain soal.


jadi kalo gue sih waktu itu cuma buat iseng doang, soalnya gue & kakak gue lagi ga ada kerjaan. trus tiba-tiba kakak gue minta kertas & pulpen, untung gue bawa buku notes yg dibeli di jogja & pensil. trus kakak gue nulis apaan gitu yg gue gatau, trus pas udah selesai kakak gue langsung ngasi notes & pensilnya ke gue.

trus gue tanya, "ini apaan kak? kok angkanya berderet ke bawah sih?"
kakak gue jawab, "kamu kerjain aja. ngerjainnya dari bawah ke atas, trus kalo hasilnya lebih dari 9 tulis angka belakangnya aja. kerjainnya dalam waktu 20 detik ya."

yaudah kan gue kerjain aja tapi 20 detik gitu loh dgn sederet angka yg gue yakin pasti bikin mata lo minus (bahkan mungkin yg udah minus jadi tambah minusnya), udah gitu gue napsu banget pengen cepet-cepet selesai.

HASILNYA?
banyak bgt yg ga diisi, yah meskipun bener sih ya tapi kan banyak bgt yg kosong jawabannya.

trus kakak gue bikin soal kayak gitu lagi, gue kerjain lagi tapi sekarang udah bisa lebih fokus dan ga napsu. dan hasilnya jauh berbeda, hampir semua diisi, cuma beberapa doang yg kosong, dan semua jawaban gue bener. sekian tahun berlalu ternyata gue baru tau kalo nama tesnya adalah tes kraepelin dan tes ini termasuk dalam tes IQ.

oiya, tadi gue buat soal kraepelin dari satu situs, cari sendiri yaa situsnya. ini dia soal yg gue buat sendiri:



sumber: berbagai sumber dari www.google.co.id (cari sendiri atuuh hehe)

yang penasaran ayo dooong dijawab soal-soalnya, inget ya cara ngerjainnya itu hitung dari bawah ke atas. trus kalo hasilnya lebih dari 9, cukup tulis hasilnya dengan digit belakang hasilnya. oiya, kalo yg nyoba kasitau gue ya hasilnya, nanti kalian akan mendapatkan kupon undian berhadiah (hehehe). kalo kalian terpilih, maka kalian akan mendapat hadiah makan malem (bayar sendiri) bersama SAYA! wkwk (gue yakin pasti pada ga berminat).



oke, sekian post gue hari ini, semoga bermanfaat
.

see you :)

2 comments:

weteka said...

Hi. I'm blogwalking :D

ooh.. itu namanya kraepelin toh.
waktu itu juga pernah ikutan di sekolah.
and the result, kebanyakan dari kami mengalami penurunan ketika di kolom 26-27
:D

Anonymous said...

trus ada g ney tips nya cara ngerjain test itu???!!
cz Q pernah dgr klo ngerjain test seperti itu harusnya dari awal mpe akhir itu sama rata!!!